JOGGING dapat membuat Anda panjang umur. Demikian menurut hasil riset yang digelar para peneliti dari Copenhagen City Heart Study, Denmark.
Sejak tahun 1976, para peneliti mengumpulkan dari dari 1.116 pria dan 762 wanita berusia 20 sampai 93 tahun yang seluruhnya senang jogging setiap hari.

Para responden juga diwawancara mengenai seberapa sering mereka jogging, berapa durasi setiap sesi, serta kecepatan gerak kaki saat jogging.
Tim peneliti kemudian mengamati kondisi tubuh para responden dan membandingkannya dengan kesehatan orang-orang yang kurang senang jogging.
Selama riset 35 tahun, tim peneliti mencatat ada 122 responden yang rajin jogging dan 10.158 orang yang jarang berolahraga, meninggal dunia.

Angka kematian yang rendah di antara para jogger merupakan bukti manfaat olahraga bagi tubuh. Jogging memperkuat gerakan otot betis, dan merangsang kinerja otot-otot di bagian tubuh lainnya hingga merangsang aktivitas gerak tubuh secara maksimal.
Selain itu, jogging juga merangsang denyut jantung dan memperlancar aliran darah. Inilah yang menjadi khasiat terbesar dari jogging, juga olahraga lainnya.

Idealnya, jogging perlu dilakukan selama sekitar 2,5 jam per minggu, yang dibagi ke dalam 2-3 sesi. Dengan durasi ini, Anda dapat merasakan manfaat yang begitu besar berkat jogging.
Para peneliti bahkan menyimpulkan rajin jogging dapat menambah usia hingga 6,2 tahun pada pria dan 5,6 tahun pada wanita.

“Hasil riset kami menunjukkan jawaban mengapa jogging sangat baik bagi kesehatan Anda,” ungkap Peter Schnohr dari Copenhagen City Heart Study, seperti dikutip Huffington Post, Kamis (3/5).